MEMBUAT HALAMAN RUMAH YANG RINDANG

taman yang rindang

contoh taman taman yang rindang

Halaman rumah menjadi sebuah ikon tersendiri bagi sebuah hunia. Halaman rumah juga bisa menjadi sebuah penilaiaan tersendiri bagi orang lain yang ingin bertamu ataukah sekedar melihat halaman anda terlebih dahulu sebelum ia bertamu. Dan halaman rumah juga berfungsi sebagai  penyaring udara dari debu dan asap kendaraan bila letak rumah anda berada di tepian jalan. Jadi untuk membuat orang lain berfikir positif tentang rumah kita, hal yang terlebih dahulu di benahi adalah halaman rumah kita.

Halaman rumah juga biasanya difungsikan untuk pembuatan taman yang bertujuan untuk mempercantik sisi depan rumah. Selain menanam pohon sebagai penghalau sinar matahari, halaman rumah juga akan kelihatan lebih indah jika ditambahkan tanaman yang berbunga.

Ada beberapa faktor yang membuat halaman rumah anda tekesan kurang rindang.

  1. Halaman rumah yang sempit
  2.  Tidak bertanah atau tertutup paping
  3. Halaman rumah yang botak atau kurang subur

Dalam hal pembuatan halaman rumah anda tentu nya harus memikirkan dan memperhatikan tips-tips dalam membuat halaman rumah yang rindang.

Jangan terlalu takut untuk membuat halaman rumah jika lahan yang akan anda jadikan sebagai halaman rumah terlihat sempit. Sebenarnya masih banyak cara untuk mensiasati lahan yang sempit membuatnya menjadi halaman rumah yang rindang. Cobalah gunakan media tanam yang tak membutuhkan lahan yang luas, misalnya dengan menggunakan pot gantung. Karena dengan menggunakan pot gantung lebih menghemat lahan karena digantung dan tak memakan banyak lahan maka taman akan tetap terlihat rindang.pilihlah tanaman yang berjutai, agar menimbulkan kesan rindang, tetapi harus teratur untuk memangkas agar batangnya tak terlalu panjang.

Bila anda tidak telalu suka dengan konsep pot gantung, anda bisa memilih menggunakan rak-rak sebagai tempat pot untuk tanaman. Pilihlah rak tanaman yang tidak telalu membutuhkan banyak lahan sebagai contohnya adalah pemilihan rak tanaman yang bertingkat. Karena dengan menggunakan metode ini anda lebih bisa variatif dalam menentukan tanaman yang anda pilih, tanpa harus memilih tanaman yang berjuntai.

Selain dua media tersebut yang bisa digunakan dalam membuat taman , masih ada media paralon yang bisa  digunakan untuk media tanam berdiri, dan media ini sangat menghemat lahan. Cara pembuatan media paralon ini cukup mudah. Dengan membuat lubang-lubang di sekeliling paralon, dan kemudian paralon diisi dengan media tanam. Tanaman yag pas untuk digunakan pada media ini adalah tanaman tempel, seperti anggrek.

Dari ketiga pilihan media tanam diatas bisa digunakan sebagai reverensi untuk membuat halam rumah yang sempit tetapi tetap terlihat rindang.

Halaman tidak bertanah atau tertutup paping.

Dalam menentukan media tanam untuk halaman yang tertutup paping. kita bisa menggunakan pot bunga besar ataupun kecil bila luas taman mencukupi.dan untuk membuat efek rindang pada taman dalam hal ini bisa tempatkan beberapa bunga besar di tempat yang strategis. Karena dengan cara ini kita tak perlu sampai membongkar paping, tetapi bila memang diperlukan untuk ukuran pohon besar maka kita dapat membongkar beberapa paping dan pada tepianya di tutupi semen dan di bentuk menyerupai pot.

Halaman rumah botak atau kurang subur

Cara mengatasi halaman rumah yang kurang subur dan botak, kita dapat memulainya dengan membuat lubang-lubang kecil dengan jarak 50-100 meter dengan kedalaman masing-masing lubang 100 cm. Selanjutnya isilah lubang tersebut dengan sampah organik.lakukanlah langkah ini pada lubang-lubang yg berbeda setiap seminggu sekali secara teratur. Perlahan-lahan halam rumah akan mulai subur dan saat rumput mulai tumbuh menghiasi halaman rumah, maka halaman rumah sudah siap untuk di tanami. Untuk mulai menanami halaman rumah mulailah dengan tanaman yang kecil terlebih dahulu, jika tanaman sudah benar-benar subur,  halaman sudah siap ditanami pohon.

referensi : desain rumah sederhana | hunian interior modern
http://elements-interiors.blogspot.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: